PENYELIDIKAN KASUS DI INDONESIA

Posted: 11th April 2010 by rul in 1
Tags:

penyelidikan suatu kasus besar yang melibatkan oknum pejabat negara di Indonesia terkesan memamfaatkan histeria publik, suatu kasus akan hilang bila ada kasus yang lain dimana kasus tersebut lebih menarik perhatian publik dibandingkan dengan kasus sebelumnya, dengan beralihnya perhatian publik pada kasus yang baru maka penyelidikan terhadap kasus yang lama akan berhenti dengan sendirinya.
fenomena inilah yang dimamfaatkan oleh beberapa politisi yang memegang jababatan penting dalam pemerintahan, jikia mereka tersangkut dengan suatu kasus yang akan membahayakan posisi atau jabatanya maka akan mencari sumber histeria lain yang lebih menarik perhatian publik sehingga dengan demikian penyelidikan terhadap kasus yang sedang dia hadapi akan segera dihentikan atau berhenti dengan sendirinya.
ini seakan menjadi seperti suatu film dimana film yang baru dengan aksen dan cerita yang lebih menarik akan mengalahkan ratting film yang lama dan akan segera terlupakan.
serta penyelidikan yang dilakukan dengan membentuk suatu tim khusus yang disebut Pansus terkesan hanya guna menarik perhatian publik terhadap lembaga negara yang performance-nya sangat diragukan.
hasil dari penyelidikannya yang notabene telah menghabiskan bayak dana, tidak memberikan hasil yang signifikan dan akan menjadi tumpukan berkas sampah (hoax).
hal tersebut menandakan bahwa penegakan hukum (law enforcement) di negara kita ini sangat memperihatinkan, hukum hanya menjadi alat bagi penguasa untuk mempertahankan jabatan dan kekuasaanya.
padahal pada prinsipnya hukum tidak membela yang kuat atau yang lemah tapi membela yang benar.
dengan segala keadaan yang demikian maka kemakmuran rakyat yang menjadi salah satu tujuan utama dari hukum HANYA MIMPI BELAKA.